Monday, March 25, 2019


Strategi Pemasaran Dalam Pemasaran Produk Atau Jasa - Pemasaran adalah inti atau nyawa suatu perusahaan supaya dapat terus berjalan dan berkembang. Banyak yang bilang bahwa dalam melakukan pemasaran atau marketing itu gampang-gampang susah.

Mengapa begitu, Karena ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya. Misal dalam faktor barang yang akan di pasaran, karena barang disini dapat berbentuk sebuah produk yang real atau nyata, serta produk berupa jasa.

Strategi Promosi Dalam Pemasaran Produk Dan Jasa


Strategi Pemasaran menurut ahli adalah suatu strategi bisnis yang melibatkan seluruh sistem yang berhubungan sesuai dengan tujuan untuk rencana bisnis dan ditentukannya harga sampai promosi serta distibusi barang dan jasa demi memuaskan keperluan pembeli aktif maupun yang jarang.

Sangat pasti dalam mempromosikan barang produk dengan jasa tentu tekniknya berbeda, karena obyek yang dijual saja berbeda. Pemasaran jasa memang sedikit lebih sulit dibanding dengan produk, karena sebagian besar produk membutuhkan interaksi antar manusia.

Karena itulah dalam hal pemasaran jasa ada beberapa unsur yang harus diperhatikan yaitu physical evidence, people dan process.

Strategi Pemasaran Dalam Pemasaran Produk Atau Jasa Secara Detail

Bisnis jasa adalah suatu bisnis yang menjual dengan pelayanan ekstra kepada konsumen yang memerlukan jasa nya. Berbeda dengan jenis barang produk yakni memberi hak kepemilikan, bisnis jasa menyediakan produk yang abstrak atau tak berwujud sehingga tidak membuat konsumen mempunyai hak kepemilikan.

Walaupun berbeda namun keduanya tetap membutuhkan strategi pemasaran untuk mendapatkan sales maksimal. Namun, seperti yang telah dijelaskan diatas strategi pemasaran jasa berbeda dengan strategi pemasaran untuk produk atau barang.

Baca juga Cara Dapat Uang Dari Internet, Program Mendapatkan Uang Online Terbaik Dan Terpercaya

Dengan begitu apabila untuk menghasilkan jasa yang diharapkan oleh setiap konsumen, maka berikut ini 5 strategi pemasaran jasa yang dapat anda terapkan dalam usaha anda :


  • Berikan layanan efisien. Efisien disini dapat berarti cepat dan tepat, tidak terlalu ribet dan cukup sesuai dengan yang diinginkan konsumen.

    Biasanya pihak penyedia jasa memberikan pilihan serta menawarkan jasa yang bisa dibilang ribet atau terlalu tinggi kepada konsumennya.

    Padahal keperluan konsumen tidak seribet itu. Lebih baik berikan pelayanan super cepat serta tepat sesuai dengan keperluan konsumen.

  • Meningkatkan kinerja karyawan. Dalam perusahaan jasa peran karyawan sangatlah penting, terlebih karyawan marketing.

    Karena karyawanlah yang menjadi daya tarik konsumen agar mau menggunakan jasa yang ditawarkan. Karena setiap karyawan juga menentukan nilai perusahaan di mata konsumen.

  • Harga masuk akal. Beda konsumen tentu saja beda harga. Misal konsumen A mengira bahwa harga Rp 100.000.000,- adalah harga jasa yang terlalu murah untuk jasa B sehingga konsumen A tidak ingin menggunakan jasa B karena dinilai tidak akan profesional atau harga terlalu murah.

    Namun ada juga konsumen B yang menganggap harga tersebut kelewat mahal. Karena itulah harus mengetahui karakter masing-masing konsumen, keadaan konsumen memang sangatlah penting, agar konsumen berminat menggunakan jasa kita dengan harga yang menurut mereka rasional.

  • Manfaatkan teknologi. Dijaman modern ini penggunaan teknologi memang sangatlah penting. Penggunaan teknologi ini juga bisa digunakan untuk pemasaran jasa, misalkan dengan mengandalkan marketing/pemasaran online.

    Di jaman sekarang ini pemasaran online sedang sangat naik daun, banyak cara untuk memasarkan jasa melalui internet misal saja dengan SEO (Search Engine Optimization) ataupun menggunakan promosi sosial media.

  • Sesuaikan budaya yang sedang berkembang. Lihatlah budaya, serta trend yang sedang berkembang sekarang. Karena tentu saja cara pemasaran sekarang dengan 10 tahun lalu sangat lah berbeda.


Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menerapkan Strategi Pemasaran Produk

Menerapkan Strategi pemasaran di awali dengan menganalisa secara keseluruhan dari situasi perusahaan Pemasar harus menjaani analisis SWOT untuk perusahaan secara keseluruhan

  • Kekuatan/Strengths yakni suatu kemampuan internal, sumber daya, serta faktor situasional yang positif ,dapat membantu perusahaan melayani pelanggan dengan baik guna mencapai tujuan .
  • Kelemahan/Weaknesses yakni keterbatasan internal dan faktor situasional negatif yang bisa menjadi penghalang bagi performa perusahaan .
  • Peluang /Opportunities yakni faktor atau tren yang menguntungkan pada lingkungan eksternal yang bisa dipaka perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih.
  • Dan ancaman/Threats yakni suatu faktor pada lingkungan eksternal yang tidaklah menguntungkan yang mendatangkan suatu tantangan bagi performa perusahaan.

Strategi Pemasaran Produk Dan Jasa Bertujuan Untuk Mendapatkan Nilai Tambah Bagi Pelanggan


Berinisiatif mendapatkan nilai baik dengan paham akan keperluan pasar seperti  apa yang diinginkan pelanggan, menjalaknkan riset pelanggan dan pasar, menyiapkan informasi pemasaran serta mendata pelanggan, membangun metode pemasaran yang terintegrasi serta memberi nilai tambah, membangun hubungan yang sama-sama saling menguntungkan guna mendapat kepuasan pelanggan

Baca juga Kerja Online Ngetik Captcha Dibayar Dollar Hanya Modal Ngetik

Langkah-Langkah Penerapan Strategi Pemasaran Yang Baik


Penerapan Strategi Pemasaran melalui langkah-langkah sebagai berikut:

Segmentasi Market  adalah suatu langkah membagi market menjadi kelompok pembeli berbeda dengan keperluan serta karakteristik, atau sikap berbeda yang mungkin memerlukan produk.


  • Penetapan Target Pasar merupakan suatu proses evaluasi akan minat masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, penetapan sasaran pasar.

    Terdiri dari merancang strategi untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan yang tepat, atau sebuah perusahaan besar mungkin menawarkan ragam produk yang lengkap dalam melayani seluruh segmen pasarnya.

    Sebagian besar perusahaan memasuki pasar baru dengan melayani segmen tunggal, dan apabila hal ini terbukti sukses, mereka akan menambahkan segmen.

  • Posisi Pasar, perusahaan harus memutuskan bagaimana memberi penawaran pasarnya untuk setiap segmen sasaran dan posisi apa yang ingin ditempatinya dalam segmen tersebut, posisi produk adalah suatu wadah yang diduduki produk yang baik kepada pesaing nya.

    Pihak produksi ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka. apabila salah satu produk dibilang tidaklah berbeda dengan produk lainnya di pasar, maka  konsumen tidak mempunyai alasan untuk membelinya.

Penutup


Demikian pembahasan kali ini mengenai Strategi Pemasaran Dalam Pemasaran Produk Atau Jasa Secara Detail. Semoga bermanfaat.


Comments 0